Gaweya Tembang Pocung Sing Isine Ngenani Bab Pagebluk Corona

tembang pocung – Selain itu ada juga yang berpendapat sebutan Pucung biasa dihubungkan dengan pocong/pengafanan jenazah. Dalam menyajikan tembang Jawa, utamanya untuk tembang macapat apapun, memulai dari tembang maskumambang sehingga tembang pucung tidak bisa asal-asalan dikarenakan ada aturannya tersendiri. Tinggal menyesuaikan cuestión apa yang hendak disampaikan, itulah yang menjadi penentu watak dari tembang macapat pacung ini. Tembang macapat pocung adalah jenis tembang yang dalam urutan tembang macapat yang terakhir.

Hadirnya manusia di dunia yang sementara ini akan ada satu masa titik akhir dimana ia harus berpisah oleh segala yang ia cintai semasa hidup. Harta benda, keluarga, pangkat dan jabatan tidak bisa ia bawa sebagai bekal dalam berhadapan hari akhir.

Meski ringan dan jenaka, namun di dalam tembang ini membawa pesan yang berisi nasihat-nasihat untuk membangun hubungan harmonis antara manusia, alam, lingkungan lalu Tuhan. Tembang macapat Pucung, atau sering ditulis oleh Pocung, berasal dari kata cung, yang kemudian membentuk kata pucung, kuncung, kacung, yang artinya lucu. Nyata yang berpendapat tembang macapat Pucung diambil dari nama pohon atau buah dalam bijinya dikenal dengan nama kluwak/pucung.

Pengertian tembang macapat secara sederhana menghasilkan dipahami sebagai sebuah bentuk ungkapan yang dilagukan dan dipaparkan dalam sebuah ‘pada’ atau paragraf. Sebab, lagu macapat memang sering dimafaatkan sebagai sarana untuk menyampaikan nasehat – nasehat positif secara halus, yakni melalui seni suara. Karenanya, ngakl heran bila masih banyak masyarakat suku Jawa yang mengenal dan memahami lagu macapat yang bernilai luhur ini.

Buat mempersingkat waktu langsung tertentu kita pelajari lebih mendalam lagi mengenai tembang macapat pocung. Tembang macapat Pucung merupakan satu tembang yg digunakan sebagai pengingat jadi datangnya kematian.

Di dalam lagu ini, tersimpan warisan budaya yang luhur dan amat berharga untuk dipelajari. Lagu macapat merupakan kumpulan lagu atau lagu -lagu tradisional yang sangat populer lalu dibanggakan. Lagu tradisional dari Jawa memang lebih akrab dengan sebutan tembang macapat. Tembang macapat ini juga hingga kini senantiasa dilestarikan dan diajarkan di seluruh sekolah formal. Pocong sendiri merupakan ritual kematian setelah jasad dimandikan kemudian dibungkus oleh kain kafan yang disebut dipocong.

Tembang Kinanthi berasal dari kata ‘kanthi’ yang berarti menggandeng ataupun menuntun. Filosofi Tembang Kinanthi dalam hidup mengisahkan kehidupan seorang anak yang masih kecil sehingga masih perlu dituntun hingga nantinya meraih berjalan sendiri dengan baik di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *